Jumat, 05 September 2008

Pertemuan ke-2 Apakah itu Gerakan Sosial?



Kita sudah tahu tentang gerakan sosial (lihat pertemuan ke-1). Pertama, gerakan sosial sebagai tindakan kolektif, awalnya selau dikaitkan dengan tindakan kerusuhan dan revolusi sosial. Setiap ada kerusuhan, orang selalu berpikir bahwa ada gerakan sosial yang melawan sesuatu yang sudah mapan. Sesuatu yang mapan ini dinilai tidak menguntungkan bagi masyarakat atau sekelompok atau bagian dari masyarakat. Tidak demikian, dalam gerakan sosial itu kerusuhan merupakan puncak dari gunung es (iceberg) di permukaan laut. Sebagian besar rangkaian dari peristiwa itu tidak terungkap atau nampak kasat mata dan dibaca oleh khalayak.
Kedua, gerakan sosial pada tahun 1970-an ke bawah, selalu dilihat dalam satu aspek, yaitu bergelut dalam sistem produksi (ekonomi) masyarakat, seperti: gerakan petani, gerakan buruh atau gerakan agama yang ujung-ujungnya dikaitkan dengan perubahan ekonomi. Bila meminjam pemikiran struktural fungsional, seperti Parsonian, maka sistem ekonomi merupakan bagian terluar dari inti masyarakat. Sistem ekonomi merupakan instrumen atau komponen dalam masyarakat yang digunakan untuk beradaptasi dengan lingkungan (environment). Oleh karena itu, perubahan sistem ekonomi sebagai proses adaptasi terhadap lingkungan, akan memberikan riak atau goncangan pada masyarakat. Oleh karena itu, gerakan sosial sangat dimungkinkan untuk memperbaiki atau menyeleraskan masyarakat terhadap perubahan sosial. Lihat juga dalam Teori-teori Gerakan Sosial

57 komentar:

feminisme mengatakan...

wurtiningsih/064564007
salam sejahtera pak De......
pak ni pertama kalinya aq komen lhooo....
menurut saya,gerakan sosial lahir sebagai reaksi terhadap sesuatu yang tidak diinginkan atau menginginkan perubahan karena dianggap sudah tidak cocok atau sesuai dengan kondisi sosial masyarakat.
pak sekalian saya mau tanya, contoh gerakan feminisme yang da di surabaya tu pa ja????makasih.....

feminisme mengatakan...

pak maaff
alamat emailnya wurtiningsih ketinggalan...entar bales di emailq ya pak...
W-Tity_064564007@f-mail.net
Makasih paak......

feminisme mengatakan...

Lintang 2006
bint-9_064564211@f-mail.net
Pak ngapunten,sakmeniko kalian nyobi,nge-Blog.....
pak nanya...apa bener struktural fungsional penganut evolusionis?,kalu bener,setau sy evolusionis tidak menghendaki adanya "campur tangan" fktor eksternal karena diangap merusak jalannya tatanan sosial yang berjalan...apabila seperti itu apakah gerakan revormasi sesuai dengan teori struktural fungsional...

feminisme mengatakan...

Khurotul Ch/064564218
epha_064564218@f-mail.net
salam sejahtera bwt pak de.....
Menurut saya, Gerakan sosial sebagai gerakan sekelompok orang atau masyarakat yang terorganisir bersifat antar kelompok dengan tujuan untuk menentang atau menginginkan suatu perubahan.
Thenk Kyu Pak.........

GeRaS_06 mengatakan...

Riza As / 064564006
RizaAS_064564006@yahoo.co.id
Met malam PkDhe...
Kulo Rija Pak!!?
niki badhe komentar tentang gerakan sosial...pareng gih!?
Gerakan sosial itu muncul oleh tekanan dari struktur sosial yang diterima oleh suatu kelompok masyarakat di suatu aspek kehidupan sosial yang tidak sesuai dengan semestinya.

GeRaS_06 mengatakan...

nama : heri saputro
nim : 064564024
alamat email:herisos_024@yahoo.co.uk

met malam pak Dewo semoga tetap sehat. mengenai komentar saya tentang gerakan sosial saya ingin awali dari pandangan paradigma thomas khun yaitu adanya krisis itulah yang menyebabkan tumbuhnya parad II (periode II). dengan adanya krisis yang ada dimasyarakat maka masyarakat akan cenderung melakukan gerakan sosial untuk mengubah tatanan atau struktur masyarakat yang lama menjadi masyarakat yang baru dikarenakan tatanan masyarakat yang lama tersebut tidak mampu mengatasi krisis yang ada pada masyarakat. hal itu bisa kita lihat fenomena yang terjadi di Indonesia dimana kaum mahasiswa pada tahun 1988 melakukan gerakan sosial untuk menurunkan rezim soeharto karena rezim Soeharto tidak mampu meredam krisis yang ada pada masyarakat Indonesia. gerakan sosial juga dilakukan oleh etnis tertentu misalnya papua gerakan sosial tersebut karena dipengaruhi oleh krisis kepercayaan masyarakat papua tentang kepemimpinan bangsa Indonesia ini kedepan

GeRaS_06 mengatakan...

Septian asigit/064564020
Septian_asigit@yahoo.co.id
malam Pak dewo...

menurut saya, gerakan sosial adalah wujud dari ketidakadilan pada suatu sistem sosial yang memiliki peran sebagai pengontrol kebijakan dan perilaku anggota masyarakat di dalam sistem tersebut. Dengan kata lain, ketidakadilan tersebut timbul karena tuntutan pemenuhan hak-hak sosial yang secara lahir telah ada dimiliki oleh setiap manusia. Nah, gerakan sosial merupakan produk massa sebagai media pengungkapan rasa ketidakpuasan terhadap pemnerintah maupun bagian dari negara Indonesia itu sendiri.

barangkali itu Pak, saya rasa cukup...terima kasih..

GeRaS_06 mengatakan...

solichah/064564013
so_lily-13@yahoo.co.id

met malam Pak De!?

ini putri Bpak yang manis n baik...heee..

Pak, boleh memberi komentar ya??!
suatu gerakan sosial itu disebabkan oleh ketidakpuasan terhadap sistem atau nilai-nilai yang ada di masyarakat karena proses sosial yang berjalan lambat dan berat sebelah. kesamaan ras, budaya, ekonomi, gender, dan kepedulian terhadap kehidupan sosial yang ada, membuat massa atau sekelompok orang terpaksa melakukan perlawanan menuntut perubahan ke arah yang lebih baik tanpa mengesampaikan nilai adil dan merata.

Semoga berkenan dan dapat dimengerti ya Pak!, makasih...

GeRaS_06 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
GeRaS_06 mengatakan...

Anis / 064564202

met malam Pak De... ni Endel !!?

pa kabar pak??

saya ingin memberikan pendapat saya tentang gerakan sosial itu, yaitu gerakan yang dilakukan suatu elemen masyarakat yang terorganisir. Organisasi itu sebagai wadah untuk menyalurkan aspirasi kaum yang tertindas kepada pemerintahan yang berkuasa.

kurang lebihnya, menyusul ya Pak..
Sekian...makasih bgt!!

ekologi_blogspot mengatakan...

Dewi Zuhroyda/064564002
email:wiez_imoeth@yahoo.co.id
Selamat pagi Pak De.....
Pak begitu banyak macam gerakan sosial di Indonesia sekarang ini, yang terlintas dibenak saya adalah salah satu gerakan di Indonesia yang lagi marak dan gencar disana-sini adalah FPI. yang ingin saya tanyakan pak....kalau merujuk dengan teori struktural fungsional yang mengatakan bahwa semua bagian itu pasti berfungsi apakah FPI tersebut membawa dampak positif bagi bangsa dan negara Indonesia sedangkan mengingat Indonesia bukan negara islam walaupun mayoritas penduduknya islam?
mohon dijawab ya pak...
matur sembah nuwun....

transgender_file'06 mengatakan...

sinta lutfika sari/064564003

selamat siang pak....
Apa kareba?????moge-moge apik-apik wae okreeeee
Menurut saya gerakan sosial itu berawal dari perasaan tidak puas individu terhadap suatu tatanan sosial yang telah ditetapkan.Perasaan tidak puas itu awalnya hanya kecil saja dan disimpan sendiri, namun lama kelamaan individu tersebut akan mencapai perasaan ketidaknyamanan atas tatanan sosial yang telah menekan individu tersebut.Perasaan tidaknyaman itu kemudian terbentuk dalam suatu gerakan sosial, namun sebelumnya individu tersebut pasti akan mencari teman sepemikran atau kelompok sepemikiran yang sama-sama tidak menyetujui tatanan sosial yang telah terbentuk. Dari sinilah baru berawal sebuah gerakan sosial dimana didalamnya terdapat orang-orang yang sama dalam segi visi dan misi, karena pada dasarnya mereka memiliki tujuan yang sama yaitu ingin mengubah suatu taanan sosial yang telah terbentuk demi kenyamanan kelompoknya.
Ngotenke mawon, seklumit sepenggal comen saking kulo,
sugeng siang....

T_I_A_S mengatakan...

20TU2T/064564001
Pagi pak,,sory br komentar sekarang cz bikinnya susah banget,,
he,e,e,
Munurut saya gerakan sosial itu merupakan suatu bentuk perlawanan dari sekelompok orang karena merasa ada tekanan dan mereka menghendaki untuk melakukan sebuah perubahan kearah yang lebih baik walaupun kadang memang tidak bisa dipungkiri bahwa perlawanan itu bisa berupa hal yang bersifat menyimpang. seperti perilaku anarkis pembakaran,perusakan dll.Trimss...

HAM_movement06 mengatakan...

Paulus W.A./064564027
paulusasmara@yahoo.co.id
pak bagaimana suatu gerakan kelompok dapat disebut sebagai gerakan sosial, apakah harus ada suatu struktur yang mengkoordinir kegiatan tersebut seperti suatu lembaga? yang ingin saya tanyakan berikutnya adalah bagaimana suatu gerakan sosial dinyatakan sebagai gerakan yang sah(diizinkan oleh pemerinta)dan kriteria apa yang dipakai jika suatu gerakan sosial dianggap sebagai gerakan terlarang misalnya gerakan gereja setan atau GAM? terima kasih GBU!!

transgender_file'06 mengatakan...

vivi ngesti rahayu/064564009
siang pak DEEEEEE
langsung aje ye
Menurut saya gerakan soial muncul karena kurang kuatnya suatu tatanan dalam masyarakat, dan lemahnya peraturan yang mengikat. Seandainya saja peraturan tersebut sangat jelas dan tegas pasti suatu gerakan sosial tidak akan terbentuk. Karena walaupun pada mulanya terbentuk pasti akan segera bubar karena adanya kekuatan peraturan yang mencantumkan sanksi tegas bagi para pelanggarnya.

HAM_movement06 mengatakan...

Mochamad Aan S/064564021

apa kabar
pak, gerakan sosial itu sebenarnya kan cuma gerakan yang di lakukan oleh sekelompok orang, namun tak sedikit gerakan gerakan yang menurut pemerintah atau menurut anggota masyarakat yang lain itu salah atau menentang ham, apakah batas batas suatu gerakan itu melanggar ham atau tidak,...........
tq

transgender_file'06 mengatakan...

Hestya/064564207

Siang pak..
Pak..2 the point ja ya..? Menurut saya gerakan sosial itu muncul karena adanya perasaan tidak puas antara satu individu dengan individu lainnya. cara penyampaian rasa tidak puas sendiri masing-masing orang berbeda. Yang sangat terkenal dari budaya kita sendiri misalnya dengan cara melakukan demo yang ujung-ujungnya tercipta kerusuhan.
Pak..segiti ja de....
Thx N god bless u...

T_I_A_S mengatakan...

Icha/064564015
email : gersos_tias@yahoo.com
Ciang pak,,sory nie baru ngasi comment......
menurut saya gerakan sosial merupakan suatu bentuk keinginan dari sekelompok orang ketika menginginkan sebuah perubahan.Namun perubahanitu tidak selalu bersifat positif karena kadang kala perubahan itu hanya bisa dirasakan oleh sekelompok orang tertentu saja. misalnya:calon gubernur yang mempunyai visi dan misi. Namun pada kenyataanya hanya menguntungkan kelompok mereka saja, tetapi terkadang juga visi dan misi tersebut hanya mencakup sebagian kelompok masyarakat tertentu dan tidak jarang juga bisa merugikan kelompok tersebut.Trim pak....

T_I_A_S mengatakan...

April/064564026
siang pak,,....
Saya mau comment pak,,
menurut saya gerakan sosial itu merupakan sebuah perlawanan yang umumnya ditujukan kepada suatu struktur untuk menghendaki perubahan secara menyeluruh pada elemen masyarakat. Garakan ini timbul dimulai dari adanya rasa senasib dan seperjuangan dari mereka yang merasa tertindas dan tereksploitasi serta aksesnya untuk maju merasa dibatasi.makaci pak,,,

HAM_movement06 mengatakan...

argon ahimsyah/064564029
what's up pak dewo???
saya ingin memberikan tanggapan sekaligus bertanya tentang gerakan sosial yang terjadi di negara kita. tujuan dari gerakan sosial adalah untuk menciptakan suatu perubahan. menurut saya, apa yang dikehendaki dan menjadi tujuan untuk melakukan perubahan dari suatu gerakan sosial di indonesia sampai saat ini tidak pernah terwujud. seperti yang dilakukan oleh aliansi kebangsaan dan kebebasan beragama dan berkeyakinan (akkbb) pada tanggal 1 juni 2008 yang menyerukan setiap individu mempunyai hak bebas dalam beragama dan berkeyakinan, tetapi apa yang menjadi tujuan mereka dipentahkan oleh FPI yang tidak setuju dengan apa yang diinginkan akkbb. begitu juga dengan FPI yang ingin memberantas kemaksiatan tetapi tujuan mereka nyatanya kemaksiatan sulit diberantas. yang saya tanyakan mengapa tujuan untuk melakukan dari suatu gerakan sosial di indonesia sulit terwujud????? apakah perubahan itu baru terwujud jika kita melakukan gerakan secara radikal seperti pada tahun 1998 yang melengserkan pemerintahan soeharto??? thanxs. GBU.

HAM_movement06 mengatakan...

dedy bramantyo/064564031

Dos pundi kabre pak Dhe?

Menurut saya, gerakan sosial adalah suatu gerakan dari sekelompok orang/masyarakat yang menghendaki perubahan, karena ada sesuatu yang dianggap tidak sesuai atau sudah tidak cocok dengan kondisi sosial saat ini. Gerakan sosial muncul karena adanya perbedaan pada kepentingan. Apakah dalam gerakan sosial terdapat suatu hegemoni yang membuat anggota kelompok tersebut mau dengan suka rela melakukan gerakan-gerakan sosial tersebut?
Thnx y pak Dhe.......... GBU.......
Salam teen Flick Rocker

HAM_movement06 mengatakan...

mochamad aan s/064564021
oya pak ne email saya tadi lupa
aaaaaan_de2@yahoo.co.id

HAM_movement06 mengatakan...

Dedy bramantyo/064564031

Mlem, pak dhe........

Saya tadi ada yang kelupaan. Menurut saya gerakan sosial itu adalah bentuk dari sebuah resistensi dari sebuah masyarakat/sebuah kelompok. yang saya tanyakan apakah selalu yang diresisten itu meruapakan hal2 yang dominan? Kemudian apakah yang melakukan resistensi ini selalu dari kelompok yang minor terhadap kelompok yang mayor?
Pak dhe kpn yg pertemuan ketiga msk blog?

Thnx....GBU

HAM_movement06 mengatakan...

Pak dhe ada yg ketinggalan......

Alamat email saya sandalku_sandalmu@yahoo.com

Thnx

peace movement mengatakan...

grace dwiana n./064564025
grace_064564025@yahoo.co.id

emmmm apa yaw gerakan cocial itu??? gak taw deh pak, hehehehehehehehe








tapi saya setuju dengan pendapat anthony giddens, gerakan sosial adalah suatu upaya kolektif untuk mengejar suatu kepentingan bersama; atau gerakan mencapai tujuan bersama melalui tindakan kolektif (collective action) diluar lingkup lembaga-lembaga yang mapan.

seperti ini pak misalnya sekelompok mahasiswa turun berdemo dijalan mengeluarkan aspirasinya untuk menghendaki perubahan,hal tersebut dilakukan oleh mahasiswa karena mahasiswa yakin bahwa jika mereka meminta secara melalui lembaga pemerintah akan sulit dikabulkan (perubahan yang dikehendaki), maka sekelompok mahasiswa itu akan memiliki keyakinan yang yang sama.

sama juga seperti aksi demo buruh yang melakukan mogok kerja karena perwakilan dari buruh untuk berembuk dengan pihak management yang di tolak, dengan itu mereka (para buruh Red.)memilih untuk mogok kerja sebagai satu-satunya jalan agar tuntutan mereka (para buruh Red.) di penuhi.

so, gmn pak pendapat akyuuu??????

peace movement mengatakan...

eeeeeeee da yang ketinggalan

dari uraian contoh saya tadi, saya menyimpulkan bahwa gerakan sosial itu menyangkut suatu kepentingan bersama atau tindakan kolektif yang akan menggerakkan sekumpulan orang dengan tujuan yang sama.


benol gak pak?

pak maw tanya neh lembaga yang termasuk LSM kedamaian tu apa saja ya pak, khususnya yang di surabaya ini saja ya pak?????
qt da mentok neh pak.....plis bantuannya^_^....T_T

ekologi_blogspot mengatakan...

KATON GALIH SETYAWAN / 064564032
selamat siang pak dewo.
saya mau berpendapat bahwa gerakan sosial merupakan awal dari perubahan sosial. yaitu dengan cara ada gerakan dulu baru ada perubahan. karena tanpa ada gerakan terlabih dahulu maka tidak ada perubahan.
mungkin demikian pak dewo dari saya.

UniFakta mengatakan...

handy s Prayoga//064564216
email :Yogandos99@yahoo.com

salam lestari...
salam Organisasi...
to bpak dwe...

menurut saya...
arti dalam sebuah gerakan sosial itu adalah suatu Munurut saya gerakan sosial itu merupakan suatu bentuk perlawanan dalam mengatasi masalah dari sekelompok orang karena merasa ada tekan permasalahan..yang mempun yai misi dan visi!!!!
dengan cara melibatkan kelompok gerakan itu sendiri..,,selain itu adanya ketidak puasan tehadap sistem dalam pokok nilai-nilai dalam masyarakat..

pak saya mau tanya tentang gerakan sosial...
mengapa dikatakan sustu gerakan!!!dan apa dampak positif suatu gerakan dan negatif suatu gerakan..
mengapa semua masyarakat harus mengikuti suatu gerakan sosial tersebut...
yang akan melibatkan demonstrasi atau dengan cara perlawan,,sehingga melibatkan adanya kerusuhan..

terimah kasih bapakQ...

salam jaya selalu...

matur suwun sanget...

ekologi_blogspot mengatakan...

pagi pak dhe..
saya ephie nim 064564016
email:evinurdiana_064564016@yahoo.com
akhirnya bisa masuk bloggery pak dhe juga. gini pak dhe pagi ini saya akan memberikan comment tentang apa itu gerakan sosial.
menurut apa yang saya tau gerakan sosial itu suatu gerakan yang dilakukan oleh sejumlah orang untuk melakukan suatu perubahan, dimana suatu tatanan, kondisi atau situasi itu sudah tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.
gerakan sosial yang sering dilakukan di Indonesia kebanyakan merupakan gerakan protes terhadap kebijakan pemerintah yang bertujuan mengubah sejumlah kondisi sosial yang dianggap menyengsarakan rakyat,contohnya saja gerakan untuk memprotes krisis ekonomi dan politik yang semakin parah,harga-harga bahan pokok semakin melambung tinggi, dan yang terakhir adalah kelangka minyak yang jelas-jelas sangat menambah kesengsaraan rakyat kecil.
Cukup sekian Pak Dhe,matur suwun..

UniFakta mengatakan...

ANSORI 064564208
ansori_aoabos@yahoo.co.id

Gerakan sosial sebagai tindakan kolektif, dan dikaitkan dengan tindakan kerusuhan dan revolusi sosial. Setiap ada kerusuhan, orang selalu berpikir bahwa ada gerakan sosial yang melawan sesuatu yang sudah mapan. Sesuatu yang mapan ini dinilai tidak menguntungkan bagi masyarakat atau sekelompok atau bagian dari masyarakat.pertanyaan saya, Bagaimana mengetahui sebuah gerakan yang terjadi di negara tercinta ini (katanya sih pak tercinta), sebuah gerakan apa diperuntukan untuk kepentingan kelompok atau kepentinga idividu(oknom)karena gerakan-gerakan yang ada di negara ini banyak yang membohongin bublik, contoh: Sebuah demonstrasi yang dilakukan sekelompok orang untuk mengkritik pemerintahan SBY disebutkan disebuah pemberitaan(kora/televisi)bahwa kelompok tertentu yang melakukan sebuah gerakan tadi dibiayai oleh oknom-oknom tertentu atau sebuah partai tertentu. tolong dijelaskan pak.

UniFakta mengatakan...

maaf pak emailnya salah ini yang benar:
ansori_sosbos@yahoo.co.id

UniFakta mengatakan...

heru dwi setiawan (064564033)

salam damai from JOSING "Jowo Osing Banyuwangi".........
menurut akyiu..gerakan sosial itu wajib dilakukan pakde,cz dengan gerakan sosial kita akan menemukan sesuatu yang baru.
gitu aja pakde komen dari akyiu..
salam damai ya pakde yaa..

ekologi_blogspot mengatakan...

umi mahmudah/064564028
umimahmudah_064564028@yahoo.com

salam sejahtera pak!!
menurut saya gerakan sosial tu merupakan suatu tindakan yang dilakukan sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama. gerakan tersebut terjadi dikarenakan adanya ketidakpuasan yang dirasakan oleh sekelompok orang tersebut atas kondisi sosial tertentu.

o ya pak,mengenai uraian bapak di atas ada yang pengen saya tanyakan. apakah gerakan sosial itu selalu diwujudkan dalam suatu kerusuhan? ataaukah bisa dilakukan dengan damai? misalnya melalui pengajuan surat atau permohonan secara formal.
jawab ya pak!!!
thanx

feminisme mengatakan...

abdullah nur al-fitri (064564215)
special_one@lesehan.cn

mlem pak dhe...
dari coment beberapa teman2 sebelumnya secara garis besar kita bisa menyimpulkan bahwa gerakan sosial tercipta dari adanya ketidak pusan sekelompok orang/massa atas fungsi meraka dalam masyarakat dan karena itu mereka mencoba untuk mmbuat perubahan didalamnya,
bila melihat dari kaca mata fungsionalisme kita melihat bahwa gerakan sosial dikatakan sebagai suatu masalah/"gejala penyakit" dalam masyarakat. Fungsionalisme melihat masyarakat sebagai suatu sistem di mana seluruh bagian didalamnya saling tergantung satu sama lain dan bekerja bersama guna menciptakan keseimbangan. Dalam hal ini “keseimbangan” merupakan unsur kunci utama dengan menekankan pentingnya kesatuan masyarakat dan sesuatu yang dimiliki bersama oleh anggotanya. Oleh sebab itu, gerakan sosial dianggap sebagai sesuatu yang “negatif” karena dapat menimbulkan konflik yang dapat mengganggu keharmonisan dalam masyarakat.

lho tadi ku nulis apa ya...
bingung juga, mohon dikoreksi lg ya klw ada yang kurang tepat....

transgender_file'06 mengatakan...

dila puspa/064564004
pagee pak dewo..
maaph ya pak kasih komennya pagi2 gini coz sekalian midnightan gitu.hehehe
pak,bingung mau kasih komen apa lagi coz kayaknya uda terwakilkan ma temen2.
tapi gak afdol kan pak kalo saya gak kasih komen.
menurut saya gerakan sosial itu adalah suatu reaksi pemberontakan oleh seorang atau sekelompok masyarakat yang tergabung dalam suatu wadah organisasi tertentu yang menuntut suatu pembaharuan kebijakan terhadap ketentuan yang telah ditetapkan sebelumnya.mereka seakan tidak puas akan kebijakan sebelumnya dan menuntut lebih atas hak mereka sebagai warga negara yang mempunyai kebebasan berpendapat.
oh iya pak sekalian mau tanya kelompok saya kan dapat tema transgender, sebaiknya daerah yang lebih fokus untuk penelitian kami tuh di daerah mana ya pak?
kalo bisa tolong bales di email saya ya pak
diela.puspa@yahoo.com
makasih pak sebelumnya...

geramfile_06 mengatakan...

darul khotimah/064564022
sugeng pgi pakE,,,,menurut saya gerakan sosial adalah gerakan yang dilakukan sekelompok masyarakat atau orang karena ketidak cocokan atau ingin merubah tatanan sosial yang sudah ada di dalam masyarakat,tapi pak apakah gerakan sosial itu harus dilakukan dengan kekerasan agar dapat diterima oleh masyarakt?????
karena selama inikan yang terlihat selalu dilakukan dengan kekerasan agar dapat diterima atau disetujui.....mkci ya pak

VeRuBi06 mengatakan...

Veni/064564204
vebi_imoetz@yahoo.com

selamat malam Pak Dewo,,,,

menurut saya, Gerakan sosial adalah gerakan bersama (colective action) yang dilakukan oleh sekelompok orang dengan kepentingan yang sama karena adanya ketidakpuasan yang dirasakan terhadap sebuah sistem yang berlaku dan ingin mengganti sistem tersebut dengan sistem yang lain yang dirasa tepat bagi kelompok itu.
Lalu yang mau saya tanyakan bagaimana usaha dari kelompok yang berkuasa untuk menghentikan gerakan sosial tersebut.

udah pak itu saja.

VeRuBi06 mengatakan...

sobirin/064564023
sob_jibril

sorri Pak Dhe ada yang ketinggalan...

Kalau suatu gerakan sosial itu tercipta akan sistem yang dirasakan tidak tepat bagi kelompok yang tertindas.
Lalu Kapan suatu Gerakan Sosial itu akan berakhir, padahal kan banyak gerakan sosial yang memiliki kepentingan yang berbeda-beda.

sampon Pak Dhe,,mator sembah nuwon......

VeRuBi06 mengatakan...

sob/064564023
sob_jibril@yahoo.com

Pak punya saya yang tadi ilang, ni tak kirim lagi....

Saya mau tanya pak, Apakah Partai buruh yang memperjuangkan Kepentingan buruh itu bisa disebut dengan Gerakan sosial??????

Jadi apakah hal ini sesuai dengan teorinya Anthony Giddens yang menyatakan bahwa Gerakan Sosial Adalah tindan bersama dengan kepentingan yang sama diluar lembaga-lemga yang mapan.
Padahal menurut saya partai buruh itu juga kan lembaga yang sudah mapan Pak Dewo?!...

Terime kasih banyak ya Pak Dewo,,tolong dijelasin di email saya Pak.

TaMiYa06 mengatakan...

TaMiYa06
agustina/064564008

menurut saya gerakan sosial adalah suatu pergerakan atau berjalannya keinginan untuk perubahan bagi semua lapisan masyarakatuntuk menjadi lbih baik dibandingkan dengan sebelumnya...pak kelompok ini mengalami kesulitan dalam hal menentukan bahan penelitian karena gerakan sosial kelompok kami perihal keagamaan,kelompok ini menganggap bahan tentang gerakan sosial tentang agama masih kurang...apakah harus kita mnggunakan ahmadiyah vs FPI? apakah tidak ada bahan yang lainnya selain itu?..bagaimana komentar bapak tentang pergerakan sosial dalam hal keagamaan di surabatya?..terimah kasih ya pak...

TaMiYa06 mengatakan...

TaMiYa06
yunita/064564213

gerakan sosial adalah suatu perubahan yang mengalami perubahan secara prlahan-lahan yang diinginkan oleh semua individu. pak ini komentar saya yang pertama lo he...
mksih ya pak.....?>?

Gerakan Pemuda 2006 mengatakan...

pak ni petris cute..!!
menurut saya gerakan sosial terbentuk karena adanya reaksi yang tidak di harapkan. dan apakah paskibraka termasuk gerakan pemuda? kalo itu salah, contohnya apa dunk pak???
oo...iya pak ni email saya..
petris_maharani@yahoo.com

UniFakta mengatakan...

Salam bwt Pak Dewo yang termasuk DPku ni yak pa pak laptopnya mash kena virus aku punya solusinya pak gratis hehehehe....
Emm menurut saya ya pak Gerakan Sosial Tuh Suatu Gerakan / tindakan
/ agitasi yang terencana yang dilakukan oleh suatu kelompok masyarakat atau organisasi yang disertai program terencana dan ditujukan
pada suatu perubahan / revolusi. gitu pak Trims yapak atas perhatiannya
Salam Dari IT_SOS hehehe R. Danang (064564209)

Gerakan Pemuda 2006 mengatakan...

anne/064564010
menurut saya...gerakan sosial adalah...
suatu kegiatan yang terjadi dalam suatu masyarakat untuk menunjukkan eksistensi mereka dalam suatu organisasi sosial yang saling berhubungan.
pak...ni menurut saya lho pak...
maaph kalo menurut bapak kurang benar...
pak ni email saya..jngan lupa di balezz ya pak...
anne_064564010@yahoo.com

VeRuBi06 mengatakan...

nancy eryastuti/064564214
email:nancyeryastuti_064564214@yahoo.co.id
pagi pak dhe maaf telat......
menurut saya gerakan sosial adalah tindakan bersama yang dilakukan seseorang atau sekelompok masyarakat untuk melakukan suatu perubahan. i think enough pak dhe..

youth06_movement.blogspot.com mengatakan...

VIAN SATYAGRAHANI/064564012
soul_in_black@yahoo.com
met ngapa j pkde...
menurut saya gersos tu lahir dari penyimpangan dari sebuah sistem yang ada pada masyarakat. tidak adanya ketidakadilan atas kelas bawah dan menengah. sistem tersebut hanya menampatkan kelas atas sebagai penguasa. kondisi yang demikian membuat oarang-orang dari kalangan bawah n menengah menginginkan suatu revolusi sosial.tapi..apakah revolusi sosial yang mereka lakukan sudah cukup mewakili apa yang diinginkan rakyat atau hanya membawa nama rakyat saja agar gersos tersebut tercipta???
thxxxxxx

youth06_movement.blogspot.com mengatakan...

mustain
064564217
pge pakkkkkk
gersos tu...tindakan yang dilakukan bersama sebagai protes dari ketidakadilan sistem. oarang-orang tersebut tidak puas terhadap pemerintahan yang dilakukan oleh pemerintahnya.
cukup itu saja...
trima ksihhh

youth06_movement.blogspot.com mengatakan...

ayu sarah yudhita/064564005
sarahyudita@rocketmail.com

1. bagaimana pendapat anda mengenai fenomena korupsi di indonesia?sudah adakah suatu gerakan untuk memberantas korupsi?jika iya, sudah efektifkah gerakan tersebut dalam rangka memberantas korupsi?
2. apakah suatu gerakan selalu bersifat positi?lalu bagaiman dengan fenomena FPI?

youth06_movement.blogspot.com mengatakan...

Ahmad Fikih/064564030


apakah gerakan sosial itu selalu dilakukan oleh kelompok?

sosetnicmovement_2006 mengatakan...

dwi lestari (064564011)
dwix_tari564011@plasa.com

ciank pak dhe...
gerakan sosial berkaitan dengan aksi organisasi atau kelompok civil society dalam mendukung atau menentang perubahan sosial.
gerakan sosial seringkali tidak homogen dimana ada satu pihak yang menginginkan perubahan dan ada pihak lain yang menentangnya.

cory pak hampir teelat....

youth06_movement.blogspot.com mengatakan...

vian satyagrahani
064564012

tmbhan prtanyaan buat pakdhe..
gmn skap pmerintah jika dlm suatu ngara ada gersos???

Gerakan Pemuda 2006 mengatakan...

Austenita .N./064564018
Email : nita_unesa@yahoo.co.id
Met siang p'dhee?? Pa kbarnya?
Sory telat kasih comentnya ke bapak. menurut saya Gerakan sosial adalah suatu reaksi yang dihadapi masyrakat karena ketidakadilan dan sikap yang sewenang-wenang terhadap masyarakat itu sendiri, dan adanya reaksi yang ditimbulkan dari masyarakat karena mereka tidak sependapat dan menginginkan perubahan kebijakan dari pemerintah. Contohnya seperti krisis moneter yang terjadi pd tahun 1998 dimana banyak mahasiswa yang melakukan aksi demo karena tidak menyetujui kebijakan pemerintah Indonesia hingga berdampak buruk bagi masa depan bangsa Indonesia yang sampai saat ini belum ada penyelesaiannya secara tepat.
Sekian coment dari saya semoga diterima dan bermanfaat.
Matur suwon pa''!!GBU.

sosetnicmovement_2006 mengatakan...

malem pak de........... menurut saya gerakan sosial adalah suatu gerakan sekelompok orang atau lembaga masyarakat yang menginginkan adanya suatu perubahan dari tatan yang sebelumnya sudah ada, bisa bersifat baik atapun tidak baik,akan tetapi gerakan sosial ada umumnya muncul karena masyarakat menginginkan bentuk yang baru, hal ini bisa di akibatkan karena masyarakat sudah bosan atau tidak mampu lagi beradap tasi dengan sistem yang sudah ada sebelumnya. pada umumnya pernbahan ini menginginkan susatu yang baru dan lebih baik dari tatanan yang sebelumya. menurut saya gerakan sosial dapat terjadi karena ketidak merataan, maupun pola kekeuasan yang sangat lama. pak saya juga ingin tanya apakah dalam kasus lengsernya presiden soeharto bisa di sebut sebagai suatu gerakan sosial? baik yang di lakukan oleh mahasiswa maupun oleh masyarakat lainnya? trus apakah setiap gerakan sosial selalu berorientasi negatif?yang dalam arti selalu di sertai dengan tindak kekerasan?

sosetnicmovement_2006 mengatakan...

ngapunten pak de nama dan alamat email kulo kesupen....
koment di atas punya fifing yesieana 064564203
email:
istri.sh0l3h4h.p3rhiasan.duni4@gmail.com

Gerakan Pemuda 2006 mengatakan...

Yulia Rahmadani/064564205
email: Yulia_064564205@yahoo.com
salam sejahtera pak dewo....
menurut saya gerakan sosial itu merupakan suatu gerakan yang lahir pada masyarakat, di mana individu yang tergabung dalam gerakan itu memiliki tujuan yang sama sehingga menimbulkan terjadinya perubahan terhadap lingkungan sekitar..
demikian dari saya....
thank you....

Gerakan Pemuda 2006 mengatakan...

Pak maaf ni petrisia maharani saya lupa belum mencantumkan NIM dan ni NIM saya 064564206...! Ooy pak email saya salah dan ni yang benar petris_maharani,, makasih pak atas perhatiannya.....

Gerakan Sosial mengatakan...

jadi benar komentar kalian. Gerakan sosial adalah tindakan kolektif yang melakukan perubahan atau mengkritisi kondis obyektif yang telah ada. Gerakan sosial ini memiliki varian yang begitu luas, mulai dari model gerakan klasik yang berujung pada pengerahan massa dan revolusi, atau gerakan yang kemudian memasuki arena politik tertentu untuk mencapai tujuannya.