Selasa, 07 Oktober 2008

Pertemuan ke-7 Pandangan Gidden terhadap Gerakan Sosial

Anthony Gidden yang berasal dari keluarga kelas menengah, anak dari seorang Clerk di Inggris ini lebih banyak dipengaruhi oleh Talcott Parson dan Weber pada awalnya. Hal itu terjadi karena pertemuannya dengan Norbert Ellias, kemudian ia menjelajahi pemikiran Weber, Durkheim dan Marx tatkala mencoba memahami hubungan antara kapitalisme dan kehidupan sosial. Hal itu bisa anda baca di Wikipedia. Dalam teori strukturasi, ia menghubungkan antara mikro dan makro, diawali dengan pertukaran kemudian dihubungkan dengan kondisi-kondisi obyektif (struktur makro). Individu bergerak dari aktor ke agent, tidak saja mereproduksi perilaku yang telah ditetapkan oleh struktur makro, tetapi juga dapat memproduksi perilaku baru. Kapan hal itu terjadi tergantung dari kemampuan self monitoring dari individu, time, space dan power.
Ketika menjelaskan gerakan sosial, ia menghubungkan antara unsur-unsur dalam sistem kapitalisme dan varian gerakan sosial. Gerakan sosial terkait dengan unsur-unsur dalam sistem kapitalisme, yaitu: kapitalisme, industrialisasi, kekuatan militer dan pengaturan subyek di wilayah politik (surveilance). Gerakan sosial sebagai respon dari keempat unsur ini.
Dalam bukunya Third Ways, ia menyarankan bagaimana mengambil langkah tengah, sistem kapitalisme harus bergerak dengan memikirkan kesejahteraan bersama, demikian pula gerakan sosial tidak perlu membuat dikotomi kapitalisme-sosialisme dan melakukan gerakan destruktif. Masyarakat diberi ruang untuk penguatan kepentingannya. Tentang Third Way dari Anthony Gidden dapat dibaca dari ulasan Paul Cammack.
Di era globalisasi, gerakan sosial ini tidak lagi terfokus pada satu wilayah atau negara tertentu, tetapi telah berkembang menjadi satu jejaring global. Hal itu terjadi sebagai respon dari perkembangan kapitalisme global. Struktur kapitalisme sekarang tidak lagi bersifat lokal, tetapi mengglobal, baik melalui jaring investasi global, atau hanya menggunakan MNC (Multi National Cooperation). Jejaring itu tidak saja bersifat institusi global, seperti WTO, World Bank dan IMF, tetapi juga bergerak secara individu dengan investasi global yang bernilai bermilyard dollar. Bagaimana perkembangan gerakan sosial dan sistem kapitalisme di Inggris dapat dibaca pada tulisan Dobrowolsky, sementara bagaimana gerakan sosial di arena globalisasi dapat dibaca pada tulisan Frederick H. Buttel dan Kenneth A. Gould, penggunaan internet dalam gerakan sosial dapat dibaca pada tulisan Bolette M. Christensen dan Mario Diani.

42 komentar:

HAM_movement06 mengatakan...

dedy/064564031
sandalku_sandalmu@yahoo.com

dapat dikatakan bahwa gerakan sosial itu tidak hanya terbatas oleh batas-batas negara ya sekarang ini.

Gerakan seperti rastavara yang bermula dari jamaica,kemudian diadopsi oleh masyarakat indonesia apa bisa dikatakan pula sesuai dengan pandangan Gidden pak?saya minta dijelasin lbh jelas lagi bagiamana Gidden memandang hal tersebut?

Thnx.
GBU

HAM_movement06 mengatakan...

paulus W.A./064564027
paulusasmara@yahoo.co.id

pak bagaimana caranya suatu gerakan sosial yang terjadi pada suatu negara lain dapat berpengaruh pada kehidupan di negara kita contohnya adalah gerakan menentang al-qaedah, tolonk berikan runtutan bagaimana gerakan tersebut bisa berpengaruh pada keadaan negara kita. Thx pak
............GBU...........

HAM_movement06 mengatakan...

argon-064564029
gerakan sosial tidak hanya terpaku pada satu atau bebrapa negara dan telah masuk dalam dunia global, apakah itu dikarenakan pengaruh sistem kapitalisme yang juga telah masuk dalam dunia global saat ini???
thanxs....

youth06_movement.blogspot.com mengatakan...

achmad fikih/064564030
Dalam sistem kapitalis gerakan sosial itu muncul untuk mensejahterakan kehidupan bersama sehingga dapat memajukan perekonomian pada setiap individu

Gerakan Pemuda 2006 mengatakan...

yulia rahmadani(064564205)
yulia_064564205@yahoo.com

mengapa akhir-akhir ini suatu gerakan sosial sering kali melakukan aksi anarki, apakah hal tersebut termasuk dari dampak lemahnya strukturasi di dalam gerakan itu??
thank you,,jangan lupa dibalas y pak,,,,,

peace movement mengatakan...

grace/064564025

pak sekarang diberitakan adanya issu krisis moneter jilid 2 akan terjadi menurut BEI (bursa efek indonesia)nilai rupiah menurun 10% dan ditutup tadi.trus bagaimana menurut pandangan Giddens?apakah diperlukan adanya gerakan sosial yang menuntut pemerintah untuk segera melakukan stabilisasi?

pak gimana LSM Q belum dapet q bingung.huhuhuhuhuhuhuT-T

HAM_movement06 mengatakan...

aaaaaaaaaan/064564021

pak bukankah sudah lama
presiden soekArno sudah bilang bahwa akan ada suatu neo kapitalisme, jadi bagaimana dengan anthony giddens, apakah yang di uraikan oleh pak karno itu sama dengan anthony??? siapa yang menjiplak? anthony aatau sukarno?

T_I_A_S mengatakan...

tutut/064564001
email:gersos_tias06@yahoo.com

menurut saya kapitalisme memang mempunyai dampak yang sangat besar terutama terhadap perekonomian dunia sehingga hal ini juga sangat berpengaruh terhadap kehidupan sosial masyarakat, terutama dilihat dari kondisi ekonomi.karena apabila terjadi krisis ekonomi global maka dampaknya juga terjadi pada seluruh ekonomi dunia terutama terhadap negara-negara miskin yang dalam proses berkembang.dengan adanya keadaan tersebut akan semakin membuat rakyat menderita dan pada akhirnya mereka akan merasa tertekan dengan kondisi ekonomimya yang sangat sulit dan pada akhirnya terjadi pemberontakan dengan melakukan suatu gerakan sosial sebagai bentuk perlawanan untuk mencapai kesejahteraan yang lebih baik.

T_I_A_S mengatakan...

Icha Nadeak / 064564015
email : gersos_tias06@yahoo.com

Siang pak..
Pak, menurut saya kapitalisme mempunyai pengaruh terhadap kehidupan sosial masyarakat terutama dari sektor perekonomian. Jika terjadi krisis ekonomi global (khususnya krisis yang terjadi di negara maju,seperti amerika),maka negara-negara yang sedang berkembang ataupun negara miskin akan terkena dampaknya. Harga barang kebutuhan hidup yang melambung tinggi akan menyebabkan masyarakat melakukan sebuah gerakan supaya ada tindakan pemerintah terhadap keadaan yang sedang terjadi supaya kesejahteraan rakyatnya tercapai.

youth06_movement.blogspot.com mengatakan...

Ayu Sarah Yudita/064564005
sarahyudita@rocketmail.com

Menurut bapak,apakah sistem kapitalisme lebih menciptakan efek positif ataukah efek negatif?? Belakangan ini semakin banyak munculnya gerakan-gerakan anti kapitalisme dan anti kemapanan. Mereka ingin kekayaan yang merata di seluruh rakyat Indonesia. Namun pada kenyataannya,tidak ada seorangpun yang menginginkan kekayaannya/harta milik pribadinya dibagi sama rata dengan orang lain, terlebih lagi diberikan secara cuma-cuma terhadap orang yang tidak punya apa-apa. Apakah gerakan tersebut kemudian akan memunculkan lahirnya komunisme yang baru Pak???

Thnx...

youth06_movement.blogspot.com mengatakan...

Ayu Sarah Yudita/064564005
sarahyudita@rocketmail.com

Kekejaman politik Soeharto serta penerapan ekonomi konglomerasi yang menumbuh suburkan konglomerat, di satu sisi merupakan penindasan yang luar biasa pada rakyat, yang melahirkan kesenjangan dan kemiskinan massal. Pada saat yang sama, distorsi ekonomi itu merupakan pintu masuk bagi neoliberalisme/kapitalisme yang membawa ‘hidden agenda’, yaitu hendak meminggirkan peran negara dalam ekonomi. Agenda reformasi ekonomi yang diinginkan rakyat sebagaimana dicita-citakan sejak kemerdekaan, diisi dengan agenda ‘reformasi ekonomi’ sesuai yang digariskan neoliberalisme, yaitu : pasar bebas, perdagangan bebas, pajak yang rendah, privatisasi dan deregulasi. Sudah jamak dipahami, bahwa pemberlakuan neoliberalisme di suatu negara akan meminggirkan peran negara dalam ekonomi. Tapi, benarkah demikian ?

youth06_movement.blogspot.com mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
youth06_movement.blogspot.com mengatakan...

VIAN SATYAGRAHANI/064564012
soul_in_black@yahoo.com

Di era globalisasi, gerakan sosial ini tidak lagi terfokus pada satu wilayah atau negara tertentu, tetapi telah berkembang menjadi satu jejaring global. Hal itu terjadi sebagai respon dari perkembangan kapitalisme global. faktor-faktor apa saja yang menyebabkan hal itu terjadi???
mkacih...

GeRaS_06 mengatakan...

Riza As_064564006@yahoo.co.id

pakDe...kapitalisme, industrialisasi, kekuatan militer dan pengaturan subyek di wilayah politik (surveilance),apakah diantara ke4 unsur ini dapat saling berhubungan yang kemudian menyebabkan lahirnya gerakan sosial?!, lalu bagaimana proses terjadinya?,ke4 unsur ini merupakan esensi dari stuktur yang ter-kapitalisasi,benarkah demikian??

Di era globalisasi, gerakan sosial ini tidak lagi terfokus pada satu wilayah atau negara tertentu, tetapi telah berkembang menjadi satu jejaring global. Hal itu terjadi sebagai respon dari perkembangan kapitalisme global.Apakah negara kita telah siap menghadapi laju roda globalisasi ini dengan keadaan saat ini?,mengingat globalisasi ini telah menghilangkan batasan2 antara hak untuk mempertahankan hidup manusia dan seisi alam dan hak untuk mengeruk kuburan bagi jasad yang telah habis karena termakan oleh mulut neokapitalisasi??!>>matur suwun sanget...

Gerakan Pemuda 2006 mengatakan...

petrisia maharani/064564206
petris_maharani


pak mengapa gerakan sosial terkait dengan unsur-unsur dalam sistem kapitalisme? dan respon apa saja yang mempengaruhi perkembangan kapitalisme global selain yang terfokus pada satu negara/ satu wilayah?

makasih pak dewo...

TaMiYa06 mengatakan...

yunita/064564213
yunita06_213@yahoo.com

paksaya mau tanya, soalnya kurang begitu paham dg BAB ini.
menurut bpk,gerakan deskrutif itu apa pak, sekalian kasih contohnya ya....?
apakah suatu gerakan sosial itu bs jalan dengan baik, apabila dilakukan scra anarkis??
mksih pak....
tlong dijwb ya,,,,

transgender_file'06 mengatakan...

dila puspa/064564004
diela.puspa@yahoo.com
Dalam bukunya Third Ways, ia menyarankan bagaimana mengambil langkah tengah, sistem kapitalisme harus bergerak dengan memikirkan kesejahteraan bersama, demikian pula gerakan sosial tidak perlu membuat dikotomi kapitalisme-sosialisme dan melakukan gerakan destruktif.
dari penjelasan di atas apa yang dimaksud dengan gerakan destruktif itu? dan apakah gerakan destruktif itu berdiri sendiri ataukah merupakan suatu reaksi dari gerakan sosial itu sendiri?

mkch y pak? 'n jangan lupa balez

Geramfile mengatakan...

sob/064564023
sob_jibril@yahoo.com

Pak.Dewo tolong jelaskan gerakan seperti apa yang kini sedang menentang kapitalisme global???sedangkan kapitalisme global itu sendiri sudah merambah pasar modal dimana telah mencabut waktu dariruang.
Dan apkah bisa teori Gidden menjelaskan hubungan yang bersifat menengah antara kapitalisme dengan gerakan sosial, Dimana kapitalisme dianjurkan untuk mementingkan kesejahteraan manusia. Padahal hal tersebut tidak ada dalam kamus kapitalisme...?ataukah Sebaliknya kapitalisme akan kehilangan sifatnya...? matur nuwon BosGeng...

Geramfile mengatakan...

veni//064564204
vebi_imoetz@yahoo.com

Pak dHe,, bagaimana suatu gerakan sosial terbentuk menurut persepektif Giddens. Apakah seperti menurut praktik2 sosial yang terpola???Dan bagaimana pengaruh globalisasi terhadap gerakan sosial, membuat mereka semakin mudah mencari pengikut ataukah akan mudah diatasi??

ekologi_blogspot mengatakan...

katon galih setyawan/064564032
bung_katon@yahoo.co.id

menurut pendapat saya yang mengglobal saat ini bukan hanya kapitalisme dan isu-isunya, tetapi juga NGO yang memperjuangkan isu-isu yang dibawa oleh masing-masing NGO.
contoh: kegiatan peduli lingkungan oleh green peace yang sekarang mendunia terutama pada saat diadakannya KTT global warming di bali beberapa waktu yang lalu.

GeRaS_06 mengatakan...

solichah -064564013
so_lily_13@yahoo.com

akhir-akhir ini jika kita mengikuti perkembangan berita yang beredar di dunia. amerika mengalami krisis ekonomi yang berdampak luar biasa pada perekonomian negara-negara yang lain. apa lagi indonesia yang merupakan negara berkembang yang mudah sekali tergoyahkan. apakah kebijakan pemerintah indonesia tepat dalam menaggulangi krisis ini jika di jawab dengan perspektif gidden...apakah yang dilakukan gidden ini tepat dalam menjembatani teori makro atau mikro?

Gerakan Pemuda 2006 mengatakan...

bapak gimana kalo di dunia ini isinya orang - orang kapitalis dan orang yang mempunyai kekuasaan semua?apa tetap akan ada gerakan sosial yang muncul?apakah mungkin juga hal tersebut akan terjadi???bales ya pak...
anne_064564010@yahoo.com
anne/064564010

ekologi_blogspot mengatakan...

Dewi Zuhroyda/064564002
wiez_imoeth@yahoo.co.id

Dalam bukunya Third Ways, ia menyarankan bagaimana mengambil langkah tengah, sistem kapitalisme harus bergerak dengan memikirkan kesejahteraan bersama,
Namun menurut saya kapitalisme yang ada sekarang ini tidak memikirkan lagi kesejahteraan umum lagi pak, justru mereka memikirkan kepentingan dan kesejahteraan individu. Berarti diartikan bahwa gerakan sosial yang sekarang ini selalu mengarah pada gerakan destruktif yang berarti gerakan yang membuat kerusakan. Yang saya tanyakan pak….apakah gerakan kapitalisme itu akan membuat dunia ini semakin lebih baik apakah lebih terpuruk? Terutama bagi Negara yang dalam keadaan sedang berkembang?
Matur Suwun…..

TaMiYa06 mengatakan...

agustina/064564008
tina_toooon008@yahoo.com

pak permisi saya mau nanya ne,,,pak menurut bapak apakah al-qhaidah termasuk dlam gerakan sosial dalam agama?padahal yg saya ketahui al-qhaidah memberontak dikarenakan bukan persoalan agama tetapi persoalan yg lain yaitu tentang mereka dtuduh oleh amerika menyimpan alat peledak massa yang dapat mengakibatkan kekacauan dunia. pak apakah suatu pergerakan sosial selalu dengan kekerasan atau pemberontakan?kalau tidak tlong berikan contohnya?ya uda pak makasih yaaaa...

T_I_A_S mengatakan...

april/064564026

menurut saya kapitalisme merupakan suatu bentuk ketidak adilan karena pada dasarnya kapitalisme dimiliki oleh orang - orang yang mempunyai modal dan rata - rata menguasai pasar termasuk misalnya pasar global.hal ini seperti apa yang tengah dialami oleh amerika serikat yang tengah mengalami krisis global yang pada akhirnya juga berpengaruh terhadap negara - negara lain didunia.

GeRaS_06 mengatakan...

anis/064564202
email : Ans_tyas@yahoo.co.id

pak. dewo yang saya hormati saya ingin menanyakan..

dalam fenomena dunia globalisasi skr berbagai negara tergoda dan terlanda untuk memuja kebebasan??

apakah hal itu akan berdampak pada tatanan sistem di indonesia padahal sistem ketatanegaraan indonesia adalah Pancasila??

padahal yang saya tahu budaya neoliberalisme dapat mengancam integritas bangsa dan NKRI yang tentu juga akan membawa dampak terhadap sosial masyarakat indonesia.

sosetnicmovement_2006 mengatakan...

dwi lestari 064564011
dwix_tari564011@plasa.com
mau tanya pak
berita yang sekarang lagi hangat-hangatnya kan krisis yang terjadi di amerika yang menyebabkan krisis ekonomi global apakah hal tersebut merupakan dampak dari adanya suaru gerakan sampai hal itu terjadi?
bagaimana pandangan teori giddens dalam hal yang terjadi sekarang ini?
pak dhee aku kan dapat bagian gerakan elite lokal tapi masih bingung, gerakan elite lokal apa yang aku ambil?????????????makcih ya pak klo mau jwab pertanyaan q....

ekologi_blogspot mengatakan...

evi nurdiana/064564016
evinurdiana_064564016@yahoo.com

Ketika menjelaskan gerakan sosial, Giddens menghubungkan antara unsur-unsur dalam sistem kapitalisme dan varian gerakan sosial. Gerakan sosial terkait dengan unsur-unsur dalam sistem kapitalisme, yaitu: kapitalisme, industrialisasi, kekuatan militer dan pengaturan subyek di wilayah politik (surveilance).
Yang saya tanyakan manakah yang muncul lebih dulu,gerakan sosial atau kapitalisme??dan apakah bisa sistem kapitalisme bergerak dengan memikirkan kesejahteraan bersama??thanks

UniFakta mengatakan...

ANSORI 064564208
ansori_sosbos@yahoo.co.id

sistem kapitalisme harus bergerak dengan memikirkan kesejahteraan bersama yang di makaud disini apakah kesejahteraan bersama sesama kapitalis apakah keseluruhan atau nonkapitalis, dan kenapa pula gerakan sosial tidak perlu membuat dikotomi kapitalisme-sosialisme dan melakukan gerakan destruktif.dan itu bagaimana pandangan Gidden pak.....???

UniFakta mengatakan...

Handy setyo P
064564216
My Email
Yogandos99@rasta.vara
gerakan sosial merupakan sistem kapitalisme.Gerakan sosial terkait dengan unsur-unsur dalam sistem kapitalisme, yaitu: kapitalisme, industrialisasi, kekuatan militer dan pengaturan subyek di wilayah politik.demikian pula gerakan sosial tidak perlu membuat kapitalisme-sosialisme dan melakukan gerakan destruktif.
Hingga saat samapai saat inidi dalam era global..
Gerakan sosial mengapa di akhiri dengan tawuran...sehingga mahasiswa mewakili masyarakat...

salam By Pak dewo
My Dosen UNESA SOSIOLOGI

GeRaS_06 mengatakan...

nama : Heri Saputro
Nim : 064564024
Herisos_024@yahoo.co.uk

pak saya mau nanya mengapa gerakan sosial di negara lain kok bisa berpengaruh di seluruh dunia tolong bapak jelaskan prosesnya. lalu apakah semua gerakan sosial yang berlaku di negara tertentu bisa berpengaruh kepada dunia global.

transgender_file'06 mengatakan...

sinta/064564003
sinta/010106@yahoo.co.id
Gerakan sosial terkait dengan unsur-unsur dalam sistem kapitalisme, yaitu: kapitalisme, industrialisasi, kekuatan militer dan pengaturan subyek di wilayah politik (surveilance). Gerakan sosial sebagai respon dari keempat unsur ini.
Saya mau tanya pak pabila salah satu unsur dalam kapitalisme tidaka ada apakah sutu gerakan sosial masih bisa terjadi, dimana dari unsur-unsur tersebut yang bersifat dominan.
oh ya pak, alamt email saya yang benar itu, yang terdapat di komentar ini.
matursuwun.

feminisme mengatakan...

epha 064564218

Cory pak telat melulu...
Pada pertemuan ke 7 disampaikan bahwa gerakan sosial tidak hanya muncul di wilayah/negara tertentu tapi sudah mengarah ke seluruh wilayah. Hal tersebut di karenakan adanya perkembangan kapitalisasi global.brarti gerakan sosial muncul tidak hanya di satu wilayah saja tapi di wilayah secara luas dengan adanya perkembangan kapitalisasi.
thnx pak....

feminisme mengatakan...

wurti 064564007

time,space, power.
ketiga konsep inilah yang penting dalam perkembangan atau munculnya suatu gerakan sosial di dalam masyarakat. suatu gerakan sosial jika muncul pada saat dan tempat yang tepat serta memiliki suatu kekuatan yang mendorongnya maka ia akan berkembang di masyarakat. misalnya saja suatu gerakan feminisme, akan dapat membawa atau menolak perubahan jika ia muncul ketika sedang marak adanya kasus-kasu yang berhubungan dengan perempuan, selain itu juga didorong oleh tokoh-tokoh besar yang ada dalam suatu wilayah masyarakat dimana gerakan perempuan itu muncul.

peace movement mengatakan...

mala/064564212
dewikemala_064564212@yahoo.co.id

pak...kenapa kebanyakan gerakan sosial selalu dilakukan secara anarkis?apakah dengan sikap anarkis itu maka tuntutan mereka bisa terpenuhi?
Dalam bukunya Third Ways, ia menyarankan bagaimana mengambil langkah tengah, sistem kapitalisme harus bergerak dengan memikirkan kesejahteraan bersama, demikian pula gerakan sosial tidak perlu membuat dikotomi kapitalisme-sosialisme dan melakukan gerakan destruktif. kalau di sesuaikan dengan kondisi saat ini langkah tengah yang seperti apakah yang harus diambil dalam menyikapi gerakan yang terjadi saat ini?

peace movement mengatakan...

kojik/064564019
siti_KhoZeex_064564019@yahoo.co.id


pak,,,,,

tanya,,,,,

Dalam teori strukturasi, Gidden menghubungkan antara mikro dan makro, diawali dengan pertukaran kemudian dihubungkan dengan kondisi-kondisi obyektif (struktur makro). Individu bergerak dari aktor ke agent, tidak saja mereproduksi perilaku yang telah ditetapkan oleh struktur makro, tetapi juga dapat memproduksi perilaku baru.

perilaku baru yang seperti apa???

mkch,,,,,

GeRaS_06 mengatakan...

Septian/064564020
septian_asigit@yahoo.co.id

malam pak, mau nanya nih. aku kok jadi bingung ya ... bapak kan menjelaskan kalau gerakan sosial menurut Gidden ini terkait dengan 4 unsur kapitalisme (kapitalisme, industrialisasi, kekuatan militer dan pengaturan subyek di wilyah politik), keempat unsur ini apakah menjadi penyebab munculnya gerakan sosial atau gerakan sosial itu sendiri dimunculkan dalam bentuk 4 unsur tadi???

feminisme mengatakan...

abdullah nur Alf/ 064564215
special_one@lesehan.cn
Dari buku-bukunya muncul kemudian sesudah Nation-state and Violence, bahwa kapitalisme memberikan andil terbesar dalam kekeruhan dunia modern saat ini. Kapitalisme mendorong manusia untuk terus berkompetisi, sementara industrialisme merangsang manusia untuk berinovasi. Kompetisi mendorong untuk inovasi teknologi mengalami percepatan perkembangan akibat dukungan modal dari korporat-korporat raksasa. Para kapitalis tidak henti-hentinya menemukan produk-produk baru, demikian pula para teknologi. Dalam hal ini bata-batas teritorial negara (nation-state) tidak dihiraukan, demikian pula batas-batas kultur. Bahkan manusia sebagai individu juga tidak diperhitungkan. Yang penting adalah maju dan baru.

ekologi_blogspot mengatakan...

umimahmudah_064564028@yahoo.com

saya sangat setuju dengan apa yang diungkapkan oleh Giddens di mana ia menghubungkan antara unsur-unsur dalam sistem kapitalisme dan varian gerakan sosial. Karena hal itu sangat sesuai dengan kondisi dunia saat ini, terutama dalam bidang ekonomi. Saat ini sistem kapitalisasi telah membuat krisis pun semakin merajalela dan mengglobal, misalnya issu krisis moneter jilid 2 akan terjadi menurut BEI (bursa efek indonesia)nilai rupiah menurun 10%. hal itu tentu membuat rakyat semakin menderita dan mau tidak mau gerakan sosial pun pasti akan muncul.
Kalo pemahaman saya itu salah, tolong dibenerin ya pak!!
thanx

gersos mengatakan...

fifing y/064564203
paving_cte@gawab.com
pak yang di maksud dengan gerakan desdruktif itu gimana to pak?
trus bagamana teori gedens menjelaskan tentang gerakan sosial yang terjadi di aceh, yang kabarnya beredar isu merupakan hasil intervensi pihak luar?
makacih....

gersos mengatakan...

fifing yesieana /064564203
o ya pak sekarang blog kami ganti lho.... jadi gersos-sosiology.blogspot.com
kemaren ruwet pak!!!!!!!! jadi mohaon di bales di email saya ya pak? di paving_cute@gawab.com

feminisme mengatakan...

bulan lintang/064564211

Di era globalisasi, gerakan sosial ini tidak lagi terfokus pada satu wilayah atau negara tertentu, tetapi telah berkembang menjadi satu jejaring global...berarti bisa dikatakan suatu gerakan sosial adalah "amfibi" yang bisa hidup dimana saja????tidak peduli lingkungannya?????